Pusat informasi dan opini

16 March 2009

BAGAIMANA CARANYA MENJADI MARKETING YANG HANDAL

Trik di bawah ini akan membantu membuat klien atau si calon bos baru itu bertekuk lutut.
Ada beberapa kendala yang biasanya dihadapi oleh mereka yang gagal mendapatkan klien.

1. Tidak Tahu Kebutuhan Klien
Kesalahan yang sering terjadi adalah Anda tidak faham kebutuhan klien. Keberhasilan jualan, ditentukan pula oleh seberapa besar pengetahuan Anda tentang kebutuhan mereka. Misal, mereka sedang butuh pasta gigi, eh, Anda malah memberinya sabun mandi. Kalau mau tahu yang mereka butuhkan, cari informasi kanan-kiri, baik dari eksternal maupun internal klien sendiri.

2. Deadline Selalu Jadi Alasan
Soal deadline yang mepet kerap dijadikan dalih ketidakberhasilan menembus klien.Buatlah time table, daftarlah deretan nama klien lengkap dengan catatan karakter tiap produk/kebutuhan, lalu segera hubungi mereka sepagi mungkin. Percaya deh, dalam sehari banyak sekali yang bisa Anda lakukan.

3. Berkelit dari Birokrasi Rumit
Tidak perlu gemas dan ingin ‘membunuh orang’. Coba dong selidiki siapa yang paling berwenang atau decision maker di perusahaan tersebut, dan lakukan pendekatan personal. Biasanya bila kepalanya sudah bisa dipegang, Anda bisa memotong jalur birokrasi yang berbelit-belit. Anda juga bisa mengerahkan jejaring Anda di perusahaan tersebut.

4. Keahlian Menjalin Hubungan
Tak bisa dipungkiri, kelihaian menjalin hubungan personal, cukup menentukan keberhasilan usaha Anda menggaet mereka. Anda tidak harus menjadi psikolog untuk memenangkan hati mereka. Ada beberapa sikap yang biasanya diperlihatkan klien :

 

* “Wah, mau banget tuh”
Tanpa bertele-tele, mereka langsung oke saat Anda menyodorkan tawaran. Sikap welcome mereka juga ditunjukkan dengan langsung menjadwalkan bertemu dan presentasi, serta terjadi interaksi yang positif antara Anda dan mereka.
Bila akhirnya terjadi transaksi, tetaplah berhubungan. Tanyakan perkembangan setelah mereka menjadi klien Anda. Mintalah komentar atau kritik dari mereka untuk meningkatkan pelayanan perusahaan Anda.

* Enggak minat ah”
Duh, sungguh menjengkelkan memang jika belum-belum mereka sudah bilang tidak berminat. Apa yang bisa dilakukan? Gali lagi latar belakang calon klien dan minat mereka, kemudian dekati dengan cara lain yang lebih personal.
Mengetahui hobi mereka, bisa menjadi celah. Kalau mereka hobi nonton, berikan dong tiket pertunjukan, atau sesekali main ke kantor calon klien, dengan membawa makanan, bergaul dengan orang kantor di sana, dan sebagainya. Lakukan pendekatan untuk membuka peluang, setelah itu, baru ciptakan suatu kebutuhan calon klien terhadap produk Anda.

* Iya sih…tapi…enggak deh”
Sikap dan kemauannya serba tidak jelas. Dibilang nolak, tapi enggak, dibilang oke, tapi kok nadanya nolak? Ah, Anda dibuat pusing oleh ketidakjelasannya. Cara terbaik untuk menghadapi klien seperti ini adalah cari tahu sikap yang sebenarnya. Sebelumnya, Anda perlu tahu dulu kebutuhannya.
Anda bisa mendapatkan info ini dari orang-orang yang bekerja dengannya, atau dari pihak luar yang pernah bekerjasama dengannya. Kalau setelah pendekatan, sikapnya masih ngambang, tidak perlu memaksakan diri. Lebih baik, cari calon klien lain yang lebih punya sikap.

 

5. Kemampuan Jual
Selain soal kemampuan menjual, ada hal-hal yang sebenarnya sepele, tapi punya manfaat besar dalam interaksi Anda dengan klien. Ini kaitannya dengan pembawaan Anda.

* Penampilan oke
Anda tidak perlu menggerutu jika punya wajah tidak secantik Tamara Bleszynski (dia sih satu banding seribu) Penampilan oke bisa diperoleh dengan berpakaian sesuai ‘tema’ (jangan berpakaian kasual jika Anda menawarkan produk yang sangat feminin). Lalu percaya dirilah (yang ditampilkan dengan bahu tegak, mata menatap pasti, dan senyum yang konstan). Sikap ini akan membuat Anda terlihat sebagai orang yang sukses. Orang tentu akan lebih senang bertransaksi dengan orang yang tampak sukses daripada gagal.

* In the mood
Simpan dalam peti untuk sementara suasana hati yang buruk akibat patah hati. Tampillah dengan penuh gairah saat bertemu calon klien. Sebab hanya dengan emosi yang stabil, dapat tercipta energi dan mood yang baik.

* Say cheese
Senyum itu murah tapi punya dampak yang luar biasa. Senyum juga menular pada orang lain. Dengan senyum Anda dapat mencairkan suasana yang kaku, meredakan ketegangan dan kemarahan. Sulit menemui klien? Perlihatkan dong senyum terbaik Anda.

* Panggil nama
Mereka lebih suka bila Anda menyebut nama, ketimbang memanggil mereka dengan sebutan ibu dan bapak saja. Anda toh tidak sedang berinteraksi dengan orang asing di kendaraan umum, kan?

* Nada dan tekanan suara
Biar pembicaraan tidak monoton, perhatikan nada dan tekanan suara. Ada kata-kata yang perlu diucapkan biasa, dan ada pula yang perlu diberi tekanan untuk menunjukkan pentingnya maksud tersebut.

 

* Selipkan Humor.
Di sela-sela pembicaraan, selipkan humor yang bisa menyegarkan suasana. Tapi, sebaiknya pilih-pilih humornya agar tidak menyinggung klien. Bukannya sukses, mereka malah kabur. http://karir-up.com/infoiklan.php

 

 

About these ads

25 Comments »

  1. Makasih banyak, mudah-mudahan mulai besok saya dapat menerapkannya

    Comment by budi wahyono — 28 December 2010 @ 3:41 pm

  2. klo ada lg segera kasih tau yah..cukup bagus koq ini..

    Comment by nadia — 20 February 2011 @ 6:25 am

  3. wajib dicoba..

    Comment by aksan — 19 May 2011 @ 5:21 am

  4. thank’s, salah satu inspirasi….

    Comment by Iskandar Suherman — 12 December 2011 @ 7:59 am

  5. good tips

    Comment by deri agustiana — 23 February 2012 @ 5:21 pm

  6. boleh tu….

    Comment by hi.soka@ymail.com — 28 February 2012 @ 5:56 am

  7. Mudah-mudahan bisa di terapkan

    Comment by mey — 14 May 2012 @ 7:18 am

  8. keren banget gan,..yaa walau telat, tapi mudah2n masih belum terlambat. thank

    Comment by dian.hermawan3 — 26 May 2012 @ 7:41 pm

  9. tidak ada salahnya dicoba…

    Comment by febry — 7 June 2012 @ 9:34 am

  10. Sangat membantu banget buat saya lebih meningkatkan profesionalisme dalam bermarketing

    Comment by Heru — 28 June 2012 @ 3:06 pm

  11. inspirasi baru, bagus sekali ini

    Comment by Aris — 1 July 2012 @ 12:01 am

  12. Setuju sekali, keberhasilan penjualan, ditentukan pula oleh seberapa besar pengetahuan tentang kebutuhan klien.

    Comment by motivator Indonesia — 18 July 2012 @ 3:42 am

  13. Terima kasih atas sajian tulisan yang sangat bermanfaat ini..

    Comment by security services — 18 July 2012 @ 3:46 am

  14. Kelihaian menjalin hubungan personal adalah salah satu kunci sukses menjadi marketing handal.

    Comment by security services — 18 July 2012 @ 3:50 am

  15. Marketing handal juga harus ditunjang dengan penampilan OK..

    Comment by Armstrong Indonesia — 18 July 2012 @ 3:51 am

  16. Marketing handal = cerdas + penampilan Ok = sukses

    Comment by industrial maintenance — 20 July 2012 @ 8:57 am

  17. Sungguh pekerjaan yang penuh tantangan.Semoga saja aku mampu menjalaninya sampai sukses.

    Comment by Munawir — 1 August 2012 @ 3:56 am

  18. mudah2n bisa di coba d diri saya.

    Comment by beni alfendi — 3 October 2012 @ 4:00 am

  19. Sangat berguna buat saya, dapat illmu lagii…
    Tq

    Comment by tira — 20 January 2013 @ 4:10 am

  20. semoga jha cara nya bisa saya coba,dan semoga berhasil

    Comment by hery — 27 March 2013 @ 7:41 am

  21. mudah mudahan aku bisa,makasih

    Comment by nura — 7 April 2013 @ 4:51 pm

  22. Makasih banyak atas saran yg di atas mudah mudahan saya bisa menerapkan di kehidupan saya sebagai calon marketing yg baru.

    Comment by thiayDGEA — 15 November 2013 @ 3:03 pm

  23. sangat membantu sekali paing tk bisa jadi koreksi kali-kali aja ada yg lupa dlm dlm menjalankan tugas….thaksss..

    Comment by rhuly — 4 February 2014 @ 3:50 am

  24. thanks for information,

    Comment by juan carlo — 11 September 2014 @ 2:08 am

  25. sama – sama semoga bisa membantu pekerjaan anda

    Comment by pusatinformasidanopini — 23 September 2014 @ 2:16 pm


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Create a free website or blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: