Pusat informasi dan opini

16 January 2009

CARA BISNIS EFEKTIF DALAM SITUASI KRISIS

Filed under: pusat informasi — pusatinformasidanopini @ 5:51 am
Tags: , , ,

cimg3381

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

          Krisis keuangan yang dialami Amerika Serikat saat ini,secara tidak langsung berdampak luar biasa ke berbagai negara berkembang,termasuk indonesia. Bahkan para pengamat ekonomi meramalkan krisis ini akan berkembang menjadi kelesuan ekonomi global dalam waktu agak lama.

          Dalam dunia bisnis di indonesia,situasi ini sangat berpengaruh dalam perkembangan perusahaan. Secara sederhana ini akan mempengaruhi profit sebuah perusahaan. Pada saat pendapatan berkurang  dan profit diharapkan juga tidak terlalu turun,maka salah satu cara yang populer untuk ditempuh adalah dengan mendorong adanya inovasi produk atau menciptakan sebuah loyalty program. Hal tersebut merupakan beberapa strategi untuk bertahan hidup yang dapat diterapkan di dunia bisnis saat ini.

          Kadangkala sebuah perusahaan kerap terlena dengan hasil penjualan yang mereka dapatkan,sehingga seringkali mengabaikan inovasi produk. Disaat krisis ini inovasi merupakan salah satu CARA YANG EFEKTIF dilakukan sehingga dapat mendongkrak penjualan. Inovasi mutlak dilakukan agar konsumen tidak lari ke penjual lainnya. Beberapa praktek inovasi sederhana yang dilakukan adalah : INOVASI KEMASAN,pembeli akan lebih tertarik melihat kemasan yang EYE-CATCHING, INOVASI PRODUK ,yaitu pengembangan produk berbasis pada produk yang sudah ada sebelumnya ,dan INOVASI TEMPAT,menarik konsumen dapat dilakukan dengan susunan display jualan yang menarik dan dapat terlihat oleh banyak konsumen.

          Selain inovasi, cara lain yang efektif ditempuh untuk menyiasati KRISIS GLOBAL ini adalah dengan menciptakan loyalty program atau pemberian penghargaan untuk konsumen yang loyal menggunakan produk anda . Dengan loyalty program dapat menciptakan kesetiaan pelanggan dan secara signifikan dapat meningkatkan profit perusahaan. Salah satu cara yang dapat dilakukandalam loyalty program adalah dengan memberikan POINT AWARD kepada pelanggan setelah membeli produk anda, point reward dikumpulkan pelanggan dapat menukarkannya dengan hadiah. Beri jangka waktu pengumpulan poin untuk dapat ditukarkan minimal 3 bulan,sehingga secara tidak langsung telah menggiring konsumen untuk setia membeli produk anda.

          Dampak krisis pada akhirnya juga mempengaruhi turunnya motivasi dan gairah kerja karyawan. Oleh karena itu untuk menjaga kinerja agar tetap stabil di tengah situasi sulit, peran PR (public relation) bekerjasama dengan pucuk pimpinan dan jajaran manajemen untuk menjelaskan atas langkah-langkah perusahaan dalam menghadapi krisis. Beberapa alternatif yang dapat diaplikasikan untuk tetap membuat karyawan dapat bersikappositif dalam situasi krisis adalah sbb:

* Komunikasi segala sesuatu yang berkaitan dengan langkah perusahaan secara transparan/terbuka.

* Menetapkan kembali prioritas dalam masa sulit.

* Meningkatkan kreatifitas karyawan dalam melakukan inovasi produk.

          Diharapkan dengan beragam tips diatas,semoga dapat memberi manfaat bagi perusahaan dalam menghadapi masa sulit seperti krisis keuangan global saat ini.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: