Pusat informasi dan opini

17 February 2009

TIPS UNTUK MENINGKATKAN PERFORMA NOTEBOOK

edevices2as4310

 

 

 

 

 

 

 

 

TIPS UNTUK MENIGKATKAN PERFORMA NOTEBOOK

Notebook memang sudah bukan barang lagi, banyak produk notebook dengan beragam variasi.Nah bagi anda yang punya notebook dan merasakan bahwa performa notebook mulai menurun karena beberapa aplikasi yang terinstll didalamnya, Anda bisa meningkatkan performa dengan melakukan UPGRADE MEMORY.

Ada sedikit gambaran bahwa memory pada notebook mempunyai perbedaan dengan memory yang digunakan pada PC desktop.Tapi  keduanya tetap sama ,hanya beda ukuran dan bentuknya.

RAM pada notebook biasanya disebut dengan SO-DIMM (small outline-double inline memory module). Jenis SO-DIMM ini merupakan memory terbaru yang digunakan pada notebook sekarang, atau seperti SDRAM engan DDR atau DDR2.

 Sebelum membeli komponen – komponen tadi , sebaiknya cari tahu dulu kompatibilitas dari komponen tadi. Anda bisa melihat dari list komponen tersebut ditempat Anda membeli notebook, karena bisa-bisa budget yang anda keluarkan lebih mahal dibanding harga notebook high-end.

Banyak pengguna komputer yang ingin menambahkan RAM guna mendapatkan performa PC yang lebih bagus. Bila anda membeli sebuah notebook dengan hanya menyediakan memory 256MB saja,sebaiknya jangan berharap mendapatkan performa yang bagus, karena windows XP bisa bekerja dengan maximal dengan memory 512mb. Bila anda mempunyai PC dengan memory 256mb, maka windows akan melakukan swap informasi ke harddisk yang berfungsi untuk meningkatkan memory.

Bila ini terjadi pada noteook, maka anda akan kehilangan performa lebih banyak ,karena proses swap dilakukan pada harddisk yang hanya berkecepatan 4200RPM saja. Jadi penambahan memory jelas lebih menambah performa notebook.

Prosedur untuk instalasi memory ini cukup sederhana dan yang penting anda harus berhati-hati saat mengerjakannya, Karena perangkat notebook berbeda dengan PC desktop. Biasanya memory pada notebook diletakkan dibagian bawahnya, dan disitu terdapat sebuah panel yang dikunci oleh sekrup.Lepaskan sekrup dan buka penutup panel memory tadi. Bila anda kurang yakin akan posisi panel memory, anda bisa menceknya dari buku panduan notebook tersebut.

Setelah panel memory terbuka, lepas memory yang lama, dan masukkan memory yang baru, dengan kapasitas yang lebih besar. pasang memory tadi dengan hati hati ke dalam slot. Pastikan chip memory tadi telah terpasan dengan benar ke dalam slot.

Selanjutnya  adalah mengganti perangkat harddisk yang berkecepatan putar 7200RPM. Prosedur penggantian harddisk ini pun cukup sederhana. Secara umum harddisk letaknya didalam dan dikunci oleh sekrup pada rumahan yang terbuat dari logam. Rumahan harddisk inilah yang dilepaskan terlebih dahulu  dan biasanya rumahan ini dikunci oleh sebuah sekrup. Jadi anda tinggal melepaskan skrup  pengunci tadi dan menggeser rumahannya untuk melepaskan harddisknya.

Setelah selesai dengan pemasangan harddisk yang baru, langkah terakhir adalah menginstall ulang sistem operasinya, atau sebelumnya anda telah meng cpoy kan semua data yang terdapat pada harddisk lama ke harddisk yang baru.

Setelah semua data tercopykan , Anda harus mengembalikan posisi harddisk baru tadi ke dalam notebook.Tapi sebelum memasukkan harddisk tadi, Anda harus memasangkan sebuah pengaman guncang. Hal ini sangat diperlukan pada  sebuah notebook yangsering dibawa – bawa hingga guncangan itu tidak bisadi hindari. Pasangkan pengaman harddisk ke notebook dan pastikan harddisk rapat dan tidak berguncang. …………>file from komputek magazine.

Leave a Comment »

No comments yet.

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.